Artikel

Bincang Inspiratif "Penggunaan MEDSOS dalam Membangun Relasi Sosial Remaja"

  • Di Publikasikan Pada: 13 Sep 2023
  • Oleh: Admin
  • 813

    Remaja adalah individu yang berada pada rentang usia 10-20 tahun. Masa remaja disebut sebagai masa peralihan. Dimana remaja sudah tidak masuk ke usia anak-anak, tetapi untuk dikatakan dewasa pun juga belum. Dalam masa peralihan ini, terdapat perubahan pada remaja, baik dalam hal fisik, psikologis, maupun sosio emosionalnya. Tugas perkembangan remaja menurut Hurlock (1991) salah satunya adalah mengembangkan keterampilan interpersonal dengan teman sebaya.

    Keterampilan remaja dalam mengembangkan relasi sosial di era digitalisasi sekarang ini, pasti telah mengalami pergeseran dibanding tahun 2000-an. Jika dahulu, remaja dalam berelasi sosial dilakukan dengan bertemu langsung, makan di kantin sekolah, ataupun berkumpul di rumah teman, sedangkan di era sekarang lebih banyak dilakukan melalui media sosial. Menurut hasil survey oleh kominfo.com (2022), diperoleh data bahwa 90% pengguna media sosial adalah remaja. Media sosial yang banyak digunakan remaja saat ini adalah Instagram, TikTok, dan WhatsApp. Di platform tersebut, remaja dapat menunjukkan eksistensi dirinya serta menjalin relasi sosial dengan teman sebaya. Pengertian relasi sosial adalah interaksi dua orang atau lebih.

    Media sosial sendiri pasti memiliki efek positif dan negatif. Positifnya adalah dengan adanya media sosial dapat mendekatkan yang jauh (mempermudah komunikasi). Tetapi negatifnya adalah media sosial juga mampu menjauhkan yang dekat (mengurangi komunikasi di dunia nyata). Jadi pengguna media sosial harus bijak dalam menggunakannya.
(Rinanti Resmadewi, S.Psi., M.Psi., Psikolog)